Batu Kisar

Batu kisar adalah sebutan orang Melayu di Malaysia bagi sebuah peralatan rumah tangga yang berfungsi sebagai penumbuk bahan makanan, seperti: beras, beras ketan, kacang hijau, dan lain sebagainya hingga menjadi tepung. Selain itu, batu kisar juga dapat difungsikan untuk menumbuk atau meramu bahan-bahan pembuat obat-obatan tradisional.

Sesuai dengan namanya, peralatan ini terbuat dari batu berjenis granit yang terdiri atas dua komponen, yaitu anak dan induk. Induk batu kisar pada bagian tengahnya memiliki lubang sebagai ruang penampung bahan yang akan ditumbuk. Disamping lubang, bagian induk juga memiliki alur untuk mengalirkan air sisa tumbukan. Sedangkan yang disebut anaknya adalah berupa sebatang kayu lonjong yang ujungnya dibuat bulat sedemikian rupa agar pas/cocok/muat dengan lubang induk.

Bahan yang akan dikisar umumnya akan direndam terlebih dahulu agar mudah dilembutkan. Kemudian sedikit-demi sedikit dimasukkan ke dalam lubang kisar serta diberi sejumlah air agar hasil tumbukan tidak menjadi kasar. Hasil kisaran atau tumbukan akan berbentuk menyerupai tepung basah. Dan, bila ingin digunakan harus ditiris terlebih dahulu untuk memisahkan air dan tepung hasil tumbukan.
hal
Dilihat: