Pantai Sanur

Obyek wisata alam, khususnya wisata pantai di Provinsi Bali, banyak sekali jumlahnya. Salah satu dari sekian banyak obyek wisata pantai di Bali yang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara, adalah Pantai Sanur. Pantai ini terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan (sekitar 17 kilometer arah timur dari Kota Denpasar, ibukota Provinsi Bali). Oleh karena lokasinya yang dekat dengan Kota Denpasar, maka untuk mencapai pantai ini relatif mudah, baik dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi.

Pantai yang menjadi salah satu andalan bagi sektor pariwisata di daerah Bali ini, selain indah juga bersejarah. Di pantai ini pernah ditemukan tugu batu tertulis yang berupakan sebuah prasasti dari Raja Kasari Warmadewa yang kerajaannya berada di daerah Singhadwala. Selain itu, pada tanggal 20 September 1906 daerah sekitar Pantai Sanur juga pernah dijadikan sebagai ajang pertempuran antara tentara Belanda dan rakyat Sanur yang kemudian disebut sebagai Puputan Badung. Perang ini berawal ketika kapal Cina yang telah menjadi milik Belanda bernama Sri Komala kandas di Pantai Sanur hingga sebagian barang yang dibawanya hilang. Entah kenapa, pihak Belanda kemudian menuduh bahwa barang-barang yang dibawa Sri Komala telah dirampas oleh rakyat Sanur, sehingga raja Sanur diharuskan untuk mengganti kerugian sebesar 3.000 Gulden serta menghukum rakyatnya yang dianggap mencuri barang-barang Sri Komala. Mendapat tuduhan seperti itu raja pun menolaknya, sehingga Belanda menyiapkan ekspedisi militer keenamnya untuk menghukum rakyat Sanur. Dan, pada tanggal 20 September 1906 terjadilah perang Puputan Badung antara pasukan Belanda melawan rakyat yang ada di daerah Sanur.

Kondisi Pantai
Pantai sanur memiliki panjang sekitar 3 kilometer dengan garis pantai menghadap ke arah Timur. Bagian utara pantai ini berbentuk seperti setengah lingkaran, sedangkan bagian selatannya berbelok dari arah timur ke barat, sehingga membuat gelombang lautnya tidak begitu besar. Di pantai ini para pengunjung dapat menyaksikan indahnya alam ketika matahari sedang terbit, berjemur di sepanjang pantai yang sebagian berpasir putih, melakukan aktivitas olah raga air (berenang, menyelam dan bermain kano), atau berteduh di bawah pepohonan sambil melihat kemolekan pantai dan lalu-lalang para wisatawan di sekitar pantai.

Fasilitas Pantai Sanur
Fasilitas penunjang obyek wisata Pantai Sanur tergolong sangat lengkap. Misalnya, bagi pengunjung yang ingin berolahraga jogging, dapat menggunakan jalan setapak di sepanjang pantai yang panjangnya sekitar 6 kilometer. Selain itu, di pantai ini juga terdapat tempat-tempat penyewaaan peralatan olahraga air seperti jet ski, parasailing, kano, dan peralatan diving.

Sementara, bagi pengunjung yang ingin mencari makanan atau minuman, dapat mengunjungi warung-warung yang menjual makanan khas Bali atau bahkan dapat pula ke restoran makanan cepat saji seperti McDonald, KFC maupun Dunkin Donuts. Sedangkan, bagi yang ingin meninap, di sekitar Pantai Sanur tersedia juga fasilitas menginap berupa wisma, villa, hingga hotel yang bertaraf internasional, seperti Hotel Grand Bali Beach, Hotel Bali Hyat, Hotel Sanur Beach, Hotel Natour Sindu Beach dan lain sebagainya. (gufron)


Foto: Basuki Indratno
Cara Pasang Tali Layangan agar Manteng di Udara
Topeng Monyet
Keraton Surosowan

Archive